Laman

EN-V: Kendaraan Mungil untuk Masa Depan

Kemacetan yang terjadi belakangan ini semakin membuat banyak orang menjadi “setengah gila”. Itu terjadi karena bertambahnya jumlah kendaraan di jalanan setiap harinya. Lebih fenomenalnya lagi, banyak orang yang memilih membeli mobil berukuran besar dengan alasan dapat menampung seluruh anggota keluarga (maksudnya: anak, istri, ipar, keponakan, sepupu, ayah, ibu, mertua, lengkap dengan baby sitter mereka). Bagaimana ya, keadaan jalanan Jakarta 10—15 tahun mendatang?
sumber gambar: Engadget
Mungkin Indonesia khususnya kota-kota besarnya bisa belajar dari General Motors yang baru saja mencipatkan sebuah teknologi unik: mobil berukuran mungil bernama EN-V (Electric-Networked Vehicle). Bentuk mobil ini mungkin tidak asing bagi Anda yang sering menyaksikan film science-fiction. Didesain hanya untuk dua orang, mobil ini akan memberikan solusi mengenai kemacetan, masalah mengenai ketersediaan lahan parkir, dan kualitas udara bumi yang semakin para akibat emisi gas buang. Mobil mungil ini tidak memerlukan bahan bakar gas karena dilengkapi dengan baterai Li-ion yang dapat digunakan untuk menjangkau jarak sejauh 40 km. Baterai ini dapat diisi ulang di stop kontak yang nantinya tersedia di beberapa tempat. Mobil ini dapat mengangkut beban mencapai 500 kg dengan kecepatan sampai 50 km/jam. Merasa tidak cukup dengan kecepatan tersebut? Mobil ini memang tidak didesain untuk para Schumacher wannabe. Dengan kecepatan “aman” tersebut, tentunya jalanan akan lebih teratur dan tingkat kecelakaan akan menurun drastis.
sumber gambar: AFP/Getty Images
Mobil berdesain futuristik ini juga dilengkapi dengan teknologi “saling mengenali” yang memungkinkan mobil berjenis sama saling “berkomunikasi” satu sama lain. Tentunya, komunikasi di sini bukan seperti berbincang ala film animasi Cars. Mobil ini dilengkapi teknologi serupa GPS dan sensor yang memungkinkan mereka saling mengenali satu sama lain. Jadi, mereka akan bergerak otomatis jika ada mobil sejenis di depannya (menghindari tumbukan) atau mengikuti jejak mobil di depannya jika mendapat perintah dari pengemudinya. Keunikan lain dari mobil ini adalah kemampuan mereka untuk mengemudi otomatis tanpa pengemudi di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa mengendalikan mobil ini dengan remote control khusus untuk melakukan parkir secara otomatis.
 
sumber gambar: Engadget
Setidaknya, Anda bisa menyalip kendaraan-kendaraan besar dan meloloskan diri dari kemacetan dengan melewati gang sempit yang tidak bisa dilalui mobil-mobil berukuran jumbo. Dan, tentu saja Anda hanya membutuhkan sedikit ruang parkir dibandingkan mobil normal. Cukup menarik, ya?
Hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi dari General Motors mengenai harga produk ini dan tanggal peluncuran di pasaran. Tertarikkah Anda untuk memiliki mobil ini?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search


  • Web
  • Blog Anda