Halaman

mengenal sosok mark zuckerberg si pencipta facebook






siapa yang tidak tau facebook? pasti user internet semua pada tau. facebook adalah situs jejaring sosial yang fenomenal di dunia maya dan dunia nyata. facebook mengklaim pengguna facebook sekarang telah mencapai 1/2 milyar , woow...
tapi taukah anda siapa di balik keberhasilan facebook? tentu saja sang empu facebook yang bernama Mark Elliot Zuckerberg dan kawan2 nya.
Mark Elliot Zuckerberg atau yang lebih akrab di panggil Zuckerberg adalah seorang pemuda yang berusia 26 tahun, masih single, perancang teknologi informasi.
saat belajar di Harvard university pada tahun 2004, dia menciptalan facebook bersama kawannya Dustin moskovitz dan chris hughes.
hughes kemudian di rekrut oleh obama saat mencalon presiden untuk membuat situs barackobama.com. di facebook , zuckerberg bertanggung jawab untuk urusan garis kebijakan umum dan penyusun strategi perusahaan yang kini menjadi rebutan para pemasang iklan para investor.
kiprah zuckerberg lewat facebook melesat seperti roket pada februari 2004 ketika zuckerberg meluncurkan program itu, para siswa di as langsung membuka akun facebook dan dari mulut ke mulut menyebar hingga merambah ke sekolah dan universitas lain.
zuckerberg dan timnya mulai mencari investor dan merangkul investor, seperti pendiri Paypal, dan pendiri Napster.
pada agustus 2005 zuckerberg secara resmi menamakan perusahaannya FACEBOOK. setelah berhasil mengumpulkan moal 12,7 juta dollar AS, dia mengembangkan perusahaan ke level berikutnya.

" zuckerberg pencuri ??"
tentu saja sukses zuckerberg dibarengi dengan kontroversi.
beberapa teman sekolah menuduh dia mencuri ide ConnectU untuk facebook.
namun gugatan soal itu di tepis pengadilan. dia menyebabkan kehebohan karena di anggap "menjual" data2 pemilik akun, tanpa menghargai privasi.
pada tahun 2006 zuckerberg mencengangkan dunia karena menampik tawaran yahoo untuk membeli facebook seharga 1 miliar dollar AS. setahun kemudian microsoft membeli 1,6 % saham facebook sekitar 240 juta dollar AS.
zuckerberg yang lahir dari keluarga yang kaya memiliki 20% saham di facebook.

Namun, jangan tanyakan perihal kehidupan pribadinya, tidak banyak yang diketahui.
maklum, ketika di SMA pun dia sudah berkutat dengan urusan komputer. ketika itu dia ingin membantu jaringan yang dimiliki oleh ayahnya untuk dipertemukan lewat dunia maya.
kebiasaan ini terus melekat dan dia lupa belajar. karena urusan komputer dan teknologi informasi sehingga dia di drop-out dari Harvard.
entah iseng atau tidak facebook kini kebanjiran uang dan memperoleh gelar sebagai miliuner termuda di planet ini.
tentu saja zuckerberg menjadi sang inspirasi bagi user internet.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search


  • Web
  • Blog Anda
  • Powered By Blogger