Halaman

apa itu open source....???

Apa itu open source??

Dari judul diatas kita bisa tebak apa tema kita kali ini yaitu mengenal sistem operasi yang berbasis open source,

Open source berasal dari kata open yang artinya terbuka dan source yang artinya sumber,atau yang lebih lenkapnya lagi, open source adalah sistem operasi yang bersifat free software, dan membuka source kodenya untuk di pelajari oleh orang lain setelah itu dikembangkan dan selanjutnya di sebarluaskan

Banyak orang kurang akrab dengan istilah ini , mungkin kata open source kurang popular dikalangan user internet .

Sejarah open source

Sejarah open source di mulai dari bermunculannya hacker-hacker di universitas- universitas amerika,para hacker membentuk komunitas-komunitas kecil tapi sangat erat hubungan nya dengan antar komunitas , mereka bias bertukar kode program, dan tiap komunitas/orang memodifikasinya , hasil modifikasi nya jg mereka sebar kan ke komunitas-komunitas lain.

RICHARD STALLMAN , yang kini di sebut bapak open source , adalah pelopor perkembangan di masa itu , ia jg tergabung dalam komunitas MIT.

Awal tahun 1980 komunitas hacker di MIT bubar karna itula Richard Stallman keluar dari MIT..

RICHARD STALLMAN

Pada tahun 1985 richard Stallman mendirikan organisasi yang bernama free software foundation(fsf).tujuan dari organisasi ini adalah untuk memgembangkan sistim operasi . akan tetapi richard Stallmanhinga saat ini belum bisa mengembangkan suatu kernel, yang menjadi tujuan utamanya, factor penyebab kegagalan nya ,sistem operasi tersebut dikembangkan oleh sekelompok komunitas kecil dan tidak melibat kan komunitas yang lebih luas dalam pengembangan nya.

Pada tahun 1991 LINUS TORVALDS, seorang mahasiswa S2 finlandia, berhasil mengembangkan sistim operasi yang bertipe unix yang disebut.LINUX.

LINUS TORVALDS

Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumbr terbuka utama,kode sumber linux dapat di modifikasi , digunakan dan di stribusikan kembali secara bebas oleh siapa pun .peralatan system dan pustakanya umum nya berasal dari sistem operasi GNU , yang di umumkan oleh Richard Stallman pada tahun 1983 , kontribusi GNU adlah dasar dari nama alternative GNU/LINUX.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan peranti lunak dan semakin stabilnya rilis dari distri busi linux meningkat kan minat user terhadap piranti lunak yang bebas . kondisi ini mendorong munculnya nama open source,pada tahun 1998, yang juga ikut mendorong suatu organisasi nirlaba yaitu OSI ( Open source initiative).

Keberadaan open source sangat erat sekali dengan internet, para pengembang software ini tersebar di seluruh penjuru dunia dan berinteraksi melalui internet.

Pertama-tama pengembang ini mengambil software dari internet, selanjutnya mereka memprbaiki kelemahan-kelemahan pada software , setelah itu mereka menyebarluaskan nya lagi melalui internet.maka banya k bermunculan software yang bersifat free software , free software adalah software yang dapat di gunakan tanpa membayar lisensi(hak cipta) karma di kembang kan dengan cara open source.

Sekarang ini banyak sekali software yang berbasis open source , diantara nya yang paling trkenal adalah linux , linux mempunya fitur yang belum ada pada sistim operasi lainya , yaitu menjalankan sistem operasi dan aplikasi tanpa menginstalnya di harddisk , cukup dengan menjalankan live cd .

Linux mempunyai distro live cd , didalam cd ini sudah terinstal/terpasang paket-paket yang kita jumpai di linux besar yaitu,open office , GIMP, KOOFICE , dsb.

berkat kemampuan it linux menjadi sangat di gemari oleh kalangan user , kita dapat menggunakan linux di computer orang lain , tanpa harus menginstal di harddisk . akan tetapi ke praktisan ini ada batas nya , di karnakan kecepatan di komputert mengakses CD-ROM jauh klebih lambat di bandingkan dengan mengakses harddisk, dan memori di dalam live cd hanya 700 MB.

Dari penjabaran dia atas , mungkin sekarang kalian sudah tahu dasar dari open source,mudaha-mudahan dari artikel ini kalian bersemangat untuk mendalami lebih jauh lagi tentang open source.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search


  • Web
  • Blog Anda
  • Powered By Blogger